Minggu, 13 September 2015

Tentang Akar Tanaman (Root)


Sudah menjadi ketetapan Alloh, bagi tanaman akar merupakan bagian yang tumbuh pertama kali sebelum bagian yang lain berkembang. Tumbuhan dapat berdiri dengan kokoh jika akarnya kuat. Akar biasanya terdapat di dalam tanah, tetapi ada juga yang melekat (epifit) dan ada yang keluar di atas permukaan tanah. Fungsi akar secara umum adalah sebagai berikut :
  1.     Menancapkan tumbuhan ke dalam tanah
  2.     Menyerap air dan mineral dari dalam tanah
  3.     Sebagai tempat menyimpan makanan, misalnya pada tanaman wortel. lobak, dan ubi kayu.

Bagian-bagian akar secara morfologi (penampakan luar), meliputi :
  •     Rambut akar (bulu akar) berguna untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah
  •     Tudung akar, berguna untuk melindungi akar pada waktu menembus tanah.

Menurut bentuknya, akar dapat dibedakan menjadi dua macam sebagai berikut :
a. Akar serabut, yaitu akar dari tumbuhan yang bijinya berkeping satu, misalnya akar kelapa, akar pepaya. Akar serabut berbentuk seperti serabut. Semua bagian akar keluar dari pangkal batang. Ukuran bagian pangkal dan ujung akar serabut hampir sama.
Gambar akar serabut

b. Akar Tunggang, yaitu akar dari tumbuhan yang bijinya berkeping dua, misalnya akar kopi, mangga, dan asam. Akar tunggang mempunyai akar pokok. Akar pokok itu bercabang-cabang sehingga menjadi akar-akar yang lebih kecil. Namun demikian, tumbuhan berkeping dua yang ditanam dengan cara dicangkok tidak mempunyai akar tunggang. Tumbuhan berkeping dua yang dicangkok akan mempunyai akar serabut.
Gambar akar tunggang


Ada beberapa tumbuhan yang mempunyai akar khusus. Akar mempunyai sifat dan kegunaan khusus. Beberapa akar khusus sebagai berikut :
  1.  Akar Gantung. Akar gantung tumbuh pada bagian tumbuhan yang berada di atas tanah. Akar itu kemudian menggantung di udara, misalnya akar gantung pada pohon beringin.
  2.  Akar Pelekat. Akar pelekat tumbuh pada bagian batang. Akar tersebut berguna untuk menempelkan tumbuhan itu pada kayu, tembok, atau tumbuhan lain, misalnya akar pada tumbuhan sirih dan lada.
  3.  Akar Tunjang. Akar tunjang tumbuh pada bagian bawah batang. Akar itu tumbuh ke segala arah, gunanya untuk menunjang agar batang tidak rebah, misalnya akar pada pohon pandan.
  4.  Akar Napas. Akar napas merupakan cabang-cabang dari akar tumbuhan tersebut. Akar itu tumbuh ke atas sehingga muncul di permukaan tanah atau air. Akar napas berguna untuk keluar masuknya udara ke dalam tumbuhan, misalnya akar pohon bakau.
Nah, demikian tentang akar. Sebenarnya belum lengkap. In shaa Alloh disambung lagi.

1 komentar :

Pengamen Kreatif Suara Merdu mengatakan...

Oooo, githu toh caranya. dasar saya emang GAPTEK. Tepok jidat. Malu, tutup muka dalam Mukena aja akh... dasar aku ndesooo

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | belt buckles